Jumat, 26 Maret 2010

laporan ilmiah sederhana

LAPORAN ILMIAH

RASA NASIONALISME REMAJA

oleh :

Neng Sri Nur Endah

XII (dua belas)

Teknik Komputer dan Jaringan

1.

PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG

Negara yang baik di lihat dari perilaku warga negaranya yang baik pula. Warga negara yang memiliki kecintaan terhadap negerinya mencerminkan negara yang besar. Di kalangan pelajar, rasa nasionalisme terhadap bangsa telah ditunjukkan dengan kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap minggunya, yaitu Upacara Penaikan Bendera.

Dalam kegiatan upacara bendera yang rutin dilaksanakan pada hari senin tersebut, dapat diukur sejauh mana rasa nasionalisme yang dimiliki oleh para remaja. Karena terlihat sejauh ini, nasionalisme remaja terasa kurang keefektifannya. Maka, penulis melakukan sebuah penelitian sebagai alat ukur rasa nasionalisme remaja.

Kegiatan dilaksanakan di SMK Bina ESSA Bandung Barat. Siswa SMK diambil penulis sebagai sample. Kegiatan ini membutuhkan waktu kurang lebih tiga minggu. Pengukuran sample dilihat dari nilai-nilai kedisiplinan, kesiapan dan pelaksanaan. Serta diharapkan setelah terlaksananya penelitian ini, remaja Indonesia dapat meningkatkan rasa nasionalisme terhadap bangsa Indonesia.

B. TUJUAN

Adapun Tujuan kegiatan ini, sebagai berikut :

1.

Meningkatkan rasa nasionalisme pelajar
2.

Meningkatkan kedisiplinan pelajar
3.

Menyempurnakan kesiapan, kesigapan petugas
4.

Meningkatkan kemandirian pelajar, serta
5.

Meningkatkan ketertiban siswa

C. MASALAH

1.

Dalam era globalisasi ini apakah masih terdapat rasa nasionalisme pada remaja?
2.

Sejauh mana tingkat kedisplinan pelajar?
3.

Seberapa siapkah seorang petugas upacara dalam melaksanakan tugasnya?
4.

Apakah seorang pelajar SMK saat ini sudah cukup mandiri?
5.

Apakah sudah tertib para pelajar SMK dalam mengikuti pelaksanakan upacara bendera?

2.

PEMBAHASAN

A. KEDISIPLINAN

Hal yang perlu dikembangkan dari remaja (pelajar) salah satunya yaitu sikap disiplin. Kedisiplinan dapat dilihat dari cara berpakaian, tepat waktu, dan keikutsertaan diklat.

B. PERSIAPAN

Dalam pelaksanaan upacara bendera, diperlukan petugas upacara yang siap dan sigap untuk dapat melaksanakan jalannya upacara dengan baik dan peserta yang tertib.
C. PELAKSANAAN

Dalam pelaksanaannya, upacara bendera tiap hari senin, dari minggu ke minggu kemungkinan mengalami perbaikan atau bahkan mungkin penurunan.


3.KESIMPULAN

4.PENUTUP

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar